Bekerja sama menyelamatkan Bumi, Indonesia

Tuesday, August 10, 2010

SMS Trojan Pertama terdeteksi menyerang smartphone Android


Kaspersky Lab, sebagai pengembang terkemuka keamanan manajemen konten, mengumumkan bahwa program jahat pertama diklasifikasikan sebagai Trojan-SMS telah terdeteksi untuk smartphone yang berjalan pada sistem operasi Google Android. Bernama Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a, dan telah menginfeksi sejumlah perangkat mobile.


Program berbahaya baru yang menembus smartphone Android ini menyamar sebagai aplikasi media player tidak berbahaya. Pengguna akan diminta untuk menginstal file sebesar 13 KB dengan ekstensi Android standar. APK. Setelah diinstal pada ponsel, Trojan menggunakan sistem untuk mulai mengirimkan beberapa SMS ke nomor tingkat premi tanpa sepengetahuan pemilik atau persetujuan, menghasilkan uang lewat dari account pengguna melalui kriminal di dunia maya.

Kategori Trojan-SMS saat ini merupakan kelas malware paling banyak untuk ponsel, tetapi Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a adalah yang pertama untuk secara khusus target platform Android. Perlu dicatat bahwa telah ada kasus terisolasi dari perangkat yang menjalankan Android yang terinfeksi spyware. Program tersebut pertama kali muncul di tahun 2009.

"IT riset pasar dan analisis organisasi IDC mencatat bahwa penjualan perangkat yang berjalan Android mengalami pertumbuhan tertinggi dalam penjualan di antara produsen smartphone. kesimpulannya, kita dapat memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah pengguna yang akan dijadikan target malware pada platform tersebut, "kata Denis Maslennikov, Mobile Research Group Manager di Kaspersky Lab. "Kaspersky Lab dengan aktif mengembangkan teknologi dan solusi untuk melindungi sistem operasi dan berencana untuk melepaskan Kaspersky Mobile Security untuk Android pada awal 2011."

Kaspersky Lab menganjurkan agar pengguna berbayar, supaya memperhatikan layanan permintaan akses aplikasi ketika sedang diinstal. Yang mencakup akses layanan tarif pembayaran untuk mengirimkan beberapa SMS dan membuat panggilan. Bila pengguna setuju untuk fungsi-fungsi ini selama instalasi aplikasi, smartphone mungkin akan dapat melakukan panggilan dan mengirim beberapa SMS, tanpa izin lebih lanjut.

Signature Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a telah ditambahkan ke database antivirus Kaspersky Lab.

source Kaspersky Lab

0 comments:

Post a Comment